Tuesday, December 6, 2011

SEDIKIT MENGULAS MULTIPROGRAMMING SISTEM

Multiprogramming adalah bentuk dasar dari pengolahan paralel yang memungkinkan untuk menjalankan beberapa program pada waktu yang bersamaan. Komputer yang multiprogramming dapat diartikan sebagai sebuah sistem komputer yang telah dialokasikan dengann sumber daya untuk lebih dari satu aplikasi bersamaan, pekerjaan atau pengguna.Multiprogramming merupakan metode yang memungkinkan dua buah program/lebih dijalankan secara serentak pada sebuah komputer dan berbagai sumber daya dalam waktu yang berlainan. Salah satu aspek penting dari sistem operasi adalah kemampuan untuk multiprogramming. Single user tidak bisa melakukan komputer dalam keadaan “busy” setiap saat. Multiprogramming dapat meningkatkan pemanfaatan CPU dengan kinerja yang terorganisir dikarenakan CPU hanya dapat melakukan eksekusi satu persatu.
Pengertian lain multiprogramming adalah kegiatan menjalankan beberapa program pada memori pada satu waktu. Untuk meningkatkan keseluruhan kemampuan dari sistem komputer, para developer memperkenalkan konsep multiprogramming. Dengan multiprogramming, beberapa tugas disimpan dalam memori dalam satu waktu; CPU digunakan secara bergantian sehingga menambah utilisasi CPU dan mengurangi total waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut.
Melayani banyak program yang tidak ada hubungannya satu sama lain dan dijalankan sekaligus dalam satu komputer yang sama. Pelaksanaan instruksi yang diterapkan adalah:
- program dimuat ke dalam memori,
- program dijalankan sampai mengakses perangkat I/O,
- berpindah (switch) ke pekerjaan lain,
- langkah tersebut berulang terus menerus,
- untuk proses perpindahan (switching), dilaksanakan oleh software
Sebagai contoh,dalam satu waktu sebuah program sedang menggunakan CPU, sedangkan program yang lain menggunakan printer. Teknologi ini dicari agar dapat mengoptimalkan penggunaan sistem komputer, karena waktu dan sumber daya pemrosesan sering terbuang ketika menunggu pekerjaan satu interaksi manusia atau data lain input atau output operasi.
Di dalam sistem Multiprograming, sebuah program dijalankan dalam CPU sampai terjadi suatu interupsi seperti permintaan masukan. Pada saat program meminta masukan, program berikutnya yang telah di muat dalam memory akan di jalankan sampai terjadi interupsi. Ketika pemrosesan interupsi telah berakhir, kontrol dikembalikkan ke program yang telah diinterupsi. Siklus seperti ini diulang sehingga program-program yang telah dimuat memory utamaakan diproses secara bergantian.Mengingat pergantian satu program dan program lain berlangsung dengan cepat. Semua program tampak seperti dijalankan secara serentak. Sebelum konsep Multiprogramming diterapkan, sistem operasi hanya menjalankan sebuah program pada satu waktu.
Kelemahan sistem Multiprogramming adalah tidak memugkinkan pemakai berinteraksi dengan proses. Segala masukan ditangani melalui kartu control.
Contoh nyata dari multiprogramming sendiri adalah : menjalankan program Microsoft Word bersamaan dengan Windows Media Player.

0 comments:

Post a Comment