Sunday, August 10, 2014

Pengertian dan Rumus Perhitungan Metode promethee


Bagi agan2 semua yang sedang mencari materi atau referensi tentang Metode Preference Ranking Organization for Enrichment Evaluation atau yang biasa kita sebut dengan PROMETHEE, disini saya akan mencoba menjelaskan tentang pengertian, rumus dalam perhitunagan dan contoh perhitunagn manual dari metode PROMETHEE ini. Kebetulan metode ini juga saya gunakan dalam penyusunan tugas akhir saya.


1. pengertian dari Promethee itu sendiri adalah metode dalam memecahkan permasalahan yang bersifat multikriteria dengan cara menentukan urutan (prioritas). Masalah pokoknya adalah kesederhanaan, kejelasan , dan kestabilan. Dugaan dari dominasi kriteria yang digunakan dalam promethee adalah penggunaan nilai dalam hubungan outranking. Ini adalah metode peringkat yang cukup sederhana dalam konsep dan aplikasi dibandingkan dengan metode lain untuk analisis multikriteria. Promethee ini sendiri termasuk dalam keluarga dari metode outranking yang dikembangkan oleh B. Roy, dan meliputi dua fase:
- Membangun hubungan outranking dari K
- Eksploitasi dari hubungan ini memberikan jawaban optimasi kriteria dalam paradigma permasalahan multikriteria.

2. Rumus perhitunagan
-preferensi multi kriteria

-Leaving flow

-Entering flow

-Net flow
Keterangan:
1. f(a, x) = menunjukkan preferensi bahwa alternatif lebih baik dari alternatif x.
2. f (x, a) = menunjukkan preferensi bahwa alternatif x lebih baik dari alternatif
3. F+( a) = Leaving flow, digunakan untuk menentukan urutan prioritas pada
proses Promethee I yang menggunakan urutan parsial.
4. F-( a) = Entering flow, digunakan untuk menentukan urutan prioritas pada proses Promethee I yang menggunakan urutan parsial.
5. F(a) = Net flow, digunakan untuk menghasilkan keputusan akhir penentuan Urutan dalam menyelesaikan masalah sehingga menghasilkan urutan lengkap.

Demikian materi singkat yang dapat saya jelaskan, bila ada sebagian adari agan2 yang minta contoh perhitungan manualnya, akan saya kirim file berupa pdf lewat email atau whatsap saya dengan agan melakukan permintaan pada email atau whatsap  berikut "kim.sevenfoldsim06@gmail.com" atau whatsap di nomer berikut 081515770071. semoga bisa menjadi gambaran dan disini kita sama2 masih belajar tentunya. trimakasih...........

213 comments:

  1. nama saya achmad atdairobi dari universitas trunojoyo madura,
    yang saya bingungkan adalah :
    1. rumus dari leaving flow dan entering flow?
    2. perbedaan kriteria 4 n 5?
    email: achmad.atdairobi91@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk perhitungan dan pejelasan dari pertanyaan agan d atas, bisa agan lihat dari email yang telah ane kirim k email agan, trimakasih

      Delete
    2. mas minta tolong gimana cara perhitungan manualnya? terima kasih
      email: cahyaaris99@gmail.com

      Delete
    3. Mas minta juga dong.. mksh sebelumnya
      Kkj.belieber@gmail.com

      Delete
    4. mas. saya juga mohon diberikan perhitungan manualnya ya, terima kasih. dianakusuma149@gmail.com

      Delete
    5. ane minta juga dong gan dekdeariyana@gmail.com perhitungan manualnya
      penasaran soalnya :D

      Delete
    6. minta contoh kasus dan perhitungan manualnya mas..
      kirim email ke silence_core02@yahoo.com
      thx

      Delete
    7. Mas saya boleh minta perhitungan manual nya .
      rintosetiawan10@gmail.com
      Terima kasih

      Delete
    8. This comment has been removed by the author.

      Delete
    9. saya minta perhitungan manual dong mas..
      marrina95@yahoo.com

      Delete
    10. saya minta perhitungan manual dong mas..
      rizalagoenggiovani@yahoo.com

      Delete
    11. Mas saya boleh minta perhitungan manual nya
      hs.indah@gmail.com
      Terima kasih :)

      Delete
    12. boleh minta perhitungan manualnya lepysyamsiar9@gmail.com

      Delete
    13. boleh minta perhitungan manualnya lepysyamsiar9@gmail.com

      Delete
    14. Mas boleh minta perhitungan manualnya dewitika2@gmail.com

      Delete
    15. mohon bantuannya mas, saya skripsi menggunakan metode ini. boleh minta perhitungan manual nya mas? makasih sebelumnya mas
      email : nadyasagita24@gmail.com

      Delete
    16. permisi saya boleh minta juga gak mas untuk bahan skripsi. terimakasih
      email: armanasmara20@gmail.com

      Delete
  2. Selamat siang mas.
    Saya bisa minta perhitungan manualnya mas? Krn saya ingin memahami metode ini.
    Alamat email saya salmanalfarisi465@gmail.com
    Terimakasih mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. contoh perhitungan manualnya uda ane kirim gan, trimakasih atas kunjunganx....

      Delete
    2. Maaf gan saya juuga boleh minta perhitungannya .?
      email saya dwi.tirta,giri,m.043@gmail.com

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. Saya bisa minta perhitungan manualnya mas?
      kebetulan saya membuat skripsi menggunakan metode ini
      email saya vonkgang@gmail.com

      Delete
    5. Saya bisa minta perhitungan manualnya mas?
      kebetulan saya membuat skripsi menggunakan metode ini
      email saya vonkgang@gmail.com

      Delete
    6. Saya bisa minta perhitungan manualnya mas?
      kebetulan saya membuat skripsi menggunakan metode ini

      Delete
  3. salam kenal mas.
    saya juga boleh minta perhitungan manualnya?
    kirim ke email saya ya thisismyemail6893@yahoo.com .

    oh ya, sekalian mau tanya.
    kira2 tau gak cara menentukan tipe preferensi yang sesuai?
    mohon bantuannya.

    terima kasih.

    ReplyDelete
  4. Gan, boleh minta perhitungan manualnya, lagi belajar nih..Terima Kasih. Semoga Sukses Selalu
    paskan.pas@gmail.com

    ReplyDelete
  5. salam kenal mas, minta jg perhitungan manualnya dan bagaimana cara menentukan tipe preferensinya. terima kasih . email saya mioa314@gmail.com

    ReplyDelete
  6. saya juga mau dong perhitungannya.... email saya waznwei@gmail.com
    makasih ya...

    ReplyDelete
  7. boleh minta perhitungan manualnya mas :D

    aabmahasiswa@gmail.com

    terimah kasih mas

    ReplyDelete
  8. Gan..ane minta jga prhtungan manual nya
    As.syahrd@gmail.com

    Thx

    ReplyDelete
  9. Gan,, mnta jga hitung manual y..
    ahmadrizal449@yahoo.com

    ReplyDelete
  10. maaf gan, baru bisa ngasi perhitunagan manualnya tu sekarang. dikarenakan padatnya ksibukan akhir2 ini, slmat mempelajari

    ReplyDelete
  11. Gan, saya bisa minta perhitungan manual, sama referensi bukunya gan?? soalnya lagi nyusun. makasi sbelumnya gan. email: zarisyazizi@gmail.com

    ReplyDelete
  12. Boleh minta perhitungan manualnya mas?, buat referensi belajar, terimakasih sebelumnya resaholics@gmail.com

    ReplyDelete
  13. perhitungan manual uda ane kirim gan, trimakasih kunjunagnx....

    ReplyDelete
  14. boleh minta perhitungan manualnya?kalau boleh, kirim ke email q,,,, rudi.17boem@gmail.com
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih :)

    ReplyDelete
  15. saya juga minta gan, skalian buku referensinya. mohon sangat
    sebelumnya terimakasih

    san3fu@gmail.com

    ReplyDelete
  16. Mohon bantuannya untuk mengirimkan metode perhitungannya karena tugas akhir saya jg menggunakan metode promethee, email saya novi.nuari2@gmail.com

    ReplyDelete
  17. Mohon bantuan untuk mengirimkan perhitungan manualnnya ke email saya carsadi1@gmail.com karena tugas akhir saya juga menggunakan metode promethee. Terima kasih

    ReplyDelete
  18. gan mau dong perhitungan manualnya. makasih yaa mazaya.galva_21@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  19. mas bisa minta perhitungan manualnya di kirim ke nitaningrum475@gmail.com ?
    oh iya minta daftar bacaan tentang metode ini jg donk mas??thanks before.

    ReplyDelete
  20. sob, boleh minta perhitungan manualnya, lagi nyusun juga. pakek metode promethee juga. kalau boleh, kirim ya, ke e-mail saya. Amrulfajri@yahoo.co.id, salam

    ReplyDelete
  21. Penjelasannya sangat membantu mas. Kebetulan saya mempelajari promethee bwt tgs t.a. Kalau tidak keberatan boleh minta refrensi dan perhitungan manual nya. Via email irvan.vidi@gmail.com atau pm alamat mas, kebetulan saya domisili blitar juga. . Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas,,, saya boleh minta perhitungan manual dari metodenya gak?

      Delete
  22. saya juga ingin belajar mengenai metode promethee gan, kalau berkenan minta kirim ke : nendipurwana@gmail.com
    terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  23. salam kenal mas..
    jika berkenan, boleh minta perhitungan manualnya? saya menggunakan metode promethee untuk TA saya.. email saya nadhiyah.imamatun@gmail.com
    terimakasih..

    ReplyDelete
  24. saya juga minta perhitungan manualnya mas buat TA saya ..
    email : indra_herman_firdaus@yahoo.com

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. salam kenal
    saya juga mau minta perhitungan manualnya
    sulastririrismanurung@gmail.com

    ReplyDelete
  27. permisi gan numpang nimbrung... gan saya boleh minta penjelasan rumus perhitungan manualnya? e-mail saya Ikkimashio@rocketmail.com thx

    ReplyDelete
  28. Salam kenal mas, saya minta contoh perhitungan manualnya dong :D
    kirimin ke email husnulmub@gmail.com

    Terimakasih :D

    ReplyDelete
  29. Salam kenal gan, ane sekarang lagi mulai nyusun TA ane, please kirim perhitungan manual beserta penjelasan rumusnya gan, yanuarfadhli@gmail.com semoga kebaikan agan dblas oleh yg diatas, thanks gan

    ReplyDelete
  30. Salam kenal mas, saya minta contoh perhitungan manualnya dong :D
    kirimin ke email martaparoka@gmail.com

    ReplyDelete
  31. Assalamualaikum, mas minta perhitungan manualnya juga, email : hidayah1795@gmail.com

    ReplyDelete
  32. salam kenal mas, boleh minta juga contoh perhitungan manualnya.
    email saya guslinlinar@gmail.com

    terimakasih banyak sebelumnya

    ReplyDelete
  33. Assalamualaikum
    mas minta perhitungan manualnya juga, bisa ? email saya : cielo.desember@gmail.com
    terimakasih

    ReplyDelete
  34. Assalamualaikum.
    Gan sya juga boleh minta.?
    Ini email saya : indra.semangat@gmail.com

    ReplyDelete
  35. salam kenal mas. saya mahasiswi Univ.Pendidikan Indonesia yang kebetulan sedang menyusun skripsi dengan metode promethee. boleh minta contoh perhitungan manualnya mas,terimakasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  36. siang mas boleh minta perhitungan manualnya mas soalnya saya masih bingung menggunakan metode ini ( syarief.febrianto@gmail.com)
    terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  37. salam kenal agan, kebetulan saya lagi mengangkat tentang metode promethee ini di skripsi saya, boleh minta contoh perhitungan manualnya ? email saya (arulosi@yahoo.co.id) terimakasih sebelumnya agan

    ReplyDelete
  38. Salam kenal. Saya mhs bernama wijaya. Jika berkenan mohon diemail perhitungan manual spt teman2 lainnya ke wijayandanu23@gmail.com. Terima kasih

    ReplyDelete
  39. Selamat siang mas, Saya bisa minta contoh perhitungan manualnya ?
    Saya juga sedang mempelajari metode ini. Email saya : ilalkirom@gmail.com
    Terima Kasih sebelumnya.
    Huda

    ReplyDelete
  40. Selamat malam mas, saya bisa minta juga perhitungan manualnya? saya mempelajari untuk TA saya.
    email : christian.andy46@gmail.com
    Terima Kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  41. Selamat malam mas, saya bisa minta juga perhitungan manualnya? saya mempelajari untuk TA saya.
    email : christian.andy46@gmail.com
    Terima Kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  42. Salam kenal mas, saya juga lagi ngansur2 TA kebetulan rencananya mau make metoda ini untuk perngkingan kinerja dosen bisa kirim contoh perhitungan manualnya mas
    email : palaycom@gmail.com
    Terima kasih

    ReplyDelete
  43. Selamat mlm, saya juga sedang belajar spk metode promethee, mohon dikirimi jg perhitungan manualnya ke email saya di mapjogja@gmail.com. terima kasih banyak, semoga ilmunya berguna..

    ReplyDelete
  44. salam kenal mas, saya bisa minta kirimin perhitungan manual metode promethee , soalnya saya mengkat judul skripsi saya dengan menggunakan metode itu, karea sumber prefernsi nya sedikit dan saya tidak punya bukunya jd sangat kesulitan . email : anisa_f_028@yahoo.com makasih

    ReplyDelete
  45. Permis bisa kirim perhitungan manual sama contoh tugas akhir mas, buat referensi. Karena kebetulan tugaa akhir sy pake metode yang sama. Tolong kirim ke roycung@gmail.com. mohon bantuannya mas. Terima kasih

    ReplyDelete
  46. Selamat malam.. salam kenal :) saya juga boleh minta perhitungan manualnya? email saya: fhonadeb@gmail.com
    Terima kasih sebelumnya~

    ReplyDelete
  47. malam ..permisi saya boleh minta perhitungan manualnya ngak tentang metode promethee yamg kriteria usual atau yang lain juga ngak papa
    ini email saya :

    ardijja@gmail.com

    terimakasih, tolong di bantu ya

    ReplyDelete
  48. met pagi mas..saya bisa gak minta perhitungan manualnya sebagai referensi untuk TA saya, dan kalau bole saya ingin tau menurut mas lebih mudah metode ini atau AHP dan Naive Bayes mas? ini email saya : weslyblaze@gmail.com

    makasih mas :D

    ReplyDelete
  49. makasi sebelumnya. Gan bisa dikirim ke ane perhitungan manualnya ya !
    nih email : amranp1990@gmail.com

    ReplyDelete
  50. selamat sore, saya boleh minta perhitungan manualnya nda? terimakasih sebelumnya.. e-mail: dewisuti23@gmail.com

    ReplyDelete
  51. selamat malam bro...boleh saya minta juga perhitungannya bro...saya juga tertarik sama metode ini buat TA tapi saya kurang pandai hitung...boleh kirim ke email saya,bor....terimakasih banyak...GBU Email : lotusdua2@gmail.com

    ReplyDelete
  52. selamat malam gan, bisa minta perhitungannya di email: hawai5o@gmail.com trims ya

    ReplyDelete
  53. minta tolong krimm contoh perhitungan manual nya dong gan...
    q udah pusing mikir ini
    nama : dewi nurismawati
    email : dewinurismawati@gmail.com

    ReplyDelete
  54. mas boleh mintak perhitungann metode nya secara menual dan buku referensinya mas..
    email: afriymon@gmail.com

    ReplyDelete
  55. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  56. minta minta perhitangan manual dan penjelasan rumus,thx sebelumnya, email : mahadwicaksono@gmail.com

    ReplyDelete
  57. Saya bisa minta perhitungan manualnya mas? ingin memahami metode ini.
    Alamat email saya machafiidh@gmail.com
    terima kasih :)

    ReplyDelete
  58. agan.. minta perhitungan manualnya donk..
    email : jemmy_chi@yahoo.com

    Thanks :)

    ReplyDelete
  59. hello gan :D
    postingannya sangat membantu, boleh minta perhitungannya juga?
    makasih ya gan

    E-mail: frans.kumara@ymail.com

    ReplyDelete
  60. gan boleh minta perhitungan manualnya ga ke email annisahakim4@gmail.com

    ReplyDelete
  61. minta perhitungan manualnya mas, saya tertarik dengan metode ini dan insya allah akan memakai metode ini buat skripsi saya..terima kasih sblmnya hehe
    email : bondman097@gmail.com

    ReplyDelete
  62. boleh minta perhitungan manualnya mas, kirim ke email yuliratnasari01@gmail.com
    terimah kasih sblumnya

    ReplyDelete
  63. gan minta hitungan manualnya dong suryagirsang91@gmail.com , thanks ya gan

    ReplyDelete
  64. minta perhitungan manualnya min , btw terima kasih bermanfaat sekali postingan nya, kirim kesini min nekenilwantara@gmail.com , sebelum dan sesudah terima kasih min :D

    ReplyDelete
  65. permisi agan, saya minta hitungan manual metode promethee boleh ya :)
    ini email saya : aninda_april@ymail.com
    tolong ya gan, terima kasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  66. Misi bang mau minta perhitungan manual nya.. Boleh ya berkatnazara@gmail.com

    ReplyDelete
  67. Saya lagi angkat skripsi tentang metode ini.. Terimakasih sebelumnya ya..

    ReplyDelete
  68. Saya lagi angkat skripsi tentang metode ini.. Terimakasih sebelumnya ya..

    ReplyDelete
  69. maff mas saya minta penghitungan manualnya ini email saya pilatbuyan@gmail.com

    ReplyDelete
  70. mas boleh minta perhitungan manualnya lagi belajar tentang metode ini mas.
    aku minta tolong mas kirim perhitungan manualnya ya mas ke alamat email ini kusuma.marvinadi@gmail.com
    terima kasih.

    ReplyDelete
  71. gan minta tutorial manualnya send to me : 007.study@gmail.com

    ReplyDelete
  72. permisi gan,,gan bisa minta pendapatnya kah ? apa kah metode logika fuzzy model tahani kombinasi dengan promethee?

    trims

    ReplyDelete
  73. Bos bisa kirim perhitungan manualnya ke email saya? Martuasihotang@sttmusi.ac.id
    Berlaku bagi smuanya yg punya perhitungan dan contohnya ya.. mksih

    ReplyDelete
  74. Mantap gan.
    Boleh jg donk perhitungan manualnya dikirim ke email saya : frolody.band@gmail.com :)

    ReplyDelete
  75. puntennn mas, ane minta juga yah, bisa kirimkan ke email?
    andyagamfti@gmail.com
    terimaa kasihhhh massss :)

    ReplyDelete
  76. puntennn mas, ane minta juga yah, bisa kirimkan ke email?
    andyagamfti@gmail.com
    terimaa kasihhhh massss :)

    ReplyDelete
  77. mas,boleh minta tolong dikirmkan perhitungan manualnya. kebetulan bahasan skripsi saya.klo menentukan pilihan mobil bekas yang ingin dibeli menggunakan metode ini cocok ga yah? trima kasih sebelumnya.

    email : bervintambunan@gmail.com

    ReplyDelete
  78. Mas boleh minta penjelasan sejelas2nya untuk metode ini, sekalian perhitungannya secara manual k email saya. Mohon bantuannya ya mas.trmksh
    rismarachmawaty1@gmail.com

    ReplyDelete
  79. mas kebetulan skripsi saya menggunakan metode ini , boleh minta penjelasan berikut perhitungan manualnya kalo boleh mohon kirim ke email saya : radianprdn24@gmail.com

    ReplyDelete
  80. mas,,,,,boleh minta perhitungan manual nya ga
    kirm d email saya y :cristonfernando@gmail.com

    ReplyDelete
  81. gan boleh minta perhitungan manualnya?? kalo boleh kirim ke fradyaranapratama@yahoo.com ya gan termakasih :)) suksess

    ReplyDelete
  82. gan boleh minta pertihungan manual nya ?ini email saya gan ekapibriana1@gmail.com
    thanks gan

    ReplyDelete
  83. minta ke ane aja,, ntar dikirim yang membutuhkan buat skripsi.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau dong gan @novicung@gmail.com

      Delete
    2. ikutan juga kang arie.yagami@gmail.com makasih

      Delete
    3. mas mau minta juga perhitungan manualnya bisa?

      Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      Delete
    5. saya juga minta mas afri, buat refrensi tugas akir , terimakasih mas ,, ini alamat email saya maulanaandy94@gmail.com

      Delete
    6. Mas, boleh minta contoh kasus dan perhitungan manualnya ? dellawidyaningtyas@gmail.com

      Delete
    7. mas saya mau donk kirim ke linggaranijuwita@gmail.com
      trmksh yaa mas..

      Delete
    8. saya jua minta mas afri..
      Angki.anope92@gmail.com

      Delete
    9. Saya juga minta mas. witantri.galuh@gmail.com terima kasih mas

      Delete
    10. mas boleh lah saya minta perhitungan manualnya.

      Delete
    11. saya juga minta perhitungan manualnya mas. furqonalkhalid@yahoo.com terimakasih

      Delete
  84. share dong perhitungan manualnya.... atau yg udah dapet boleh forward, (mustika.palcomtech@gmail.com)

    ReplyDelete
  85. gan Afri mon, minta tolong bagi perhitungannya juga y...atau temen" yang sudah dapat , minta tolong forward ,(arie.yagami@gmail.com) buat skripsi juga nech.. makasih
    ditunggu kabar baiknya

    ReplyDelete
  86. Minta perhitungan Manualnya donk mas,, Saya kebingungan,, Terima kasih,, yang sudah dapat juga bisa di Forward mas/mbak skalian,, ac04402@gmail.com

    ReplyDelete
  87. minta perhitugan manualnya mas. soalnya skripsi saya tentang metode ini dan saya belum paham tentang perhitungannya . faridwijayanto53@gmail.com

    ReplyDelete
  88. malam mas, saya juga tertarik sm metode ini boleh minta perhitungan manualnya? rvnsndr@gmail.com terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  89. mas, minta hitung manualnya, ya.... makasih nemen...... ayahoek@gmail.com

    ReplyDelete
  90. mas, minta hitung manualnya, ya.... makasih nemen...... ayahoek@gmail.com

    ReplyDelete
  91. minta perhitungan manual nya dong n minta tolong kirim ke email n4septy@gmail.com terimakasih

    ReplyDelete
  92. minta perhitungan manual nya dong n minta tolong kirim ke email n4septy@gmail.com terimakasih

    ReplyDelete
  93. boleh saya minta perhitungan manualnya mas, bisa email saya ke upen.myname@outlook.com. terima kasih banyak sebelumnya

    ReplyDelete
  94. boleh minta perhitungan manualnya? email: fidziarabbani@gmail.com

    ReplyDelete
  95. Selamat siang mas.
    Saya bisa minta perhitungan manualnya mas? Krn saya ingin memahami metode ini.
    fiqie.yes93@gmail.com

    ReplyDelete
  96. Mas boleh minta manual perhitunganny
    achmadsofyan20@gmail.com

    ReplyDelete
  97. maaf mas bisa tolong kirimkan contoh perhitungannya tidak mas ke masdhani821@yahoo.com terimakasih

    ReplyDelete
  98. Mas, saya juga bole minta perhituungan manualnya
    ni email saya.. Angki.anope92@gmail.com

    ReplyDelete
  99. Mas, saya juga bole minta perhituungan manualnya
    ni email saya.. possytive@gmail.com

    ReplyDelete
  100. Mas, minta perhitungan manualnya ke linggaranijuwita@gmail.com
    terimakasih ya mas

    ReplyDelete
  101. mas aku juga minta perhitungan manualnya. rifkiakbarfauzi@gmail.com trimakasih mas

    ReplyDelete
  102. mas aku juga minta perhitungan manualnya. rifkiakbarfauzi@gmail.com trimakasih mas

    ReplyDelete
  103. boleh mnta itung manualnya mas?

    ReplyDelete
  104. emailnya yohanes.febrianto.w@gmail.com

    ReplyDelete
  105. Mas.. boleh minta perhitungannya. Kirim ke email: indah.andani103@gmail.com
    Terimakasih

    ReplyDelete
  106. Assalamu'alaikum.. boleh minta contoh perhitungannya.? ini alamat email saya 13.ti.wivayatulamani@gmail.com
    so thankyou for your answer.
    Salam kenal dari saya.

    ReplyDelete
  107. malam ..permisi saya boleh minta perhitungan manualnya
    ini email saya :

    madun446@gmail.com

    terimakasih, tolong di bantu ya

    ReplyDelete
  108. Salam, Saya mau pelajari teknik ini, kalau boleh saya minta perhitungan manual nya di irfansudahri@gmail.com

    ReplyDelete
  109. Assalamu alaikum, mas permisi boleh minta perhitungan manualnya,
    ini e mail sy mas ruhmisulaehani@yahoo.co.id

    Makasih Banyak sebelumnya mas...

    ReplyDelete
  110. bisa minta contoh perhitungan manual gan?

    ReplyDelete
  111. bisa minta contoh perhitungan manual gan?
    tolong kirim ke email rizqi.ep@gmail.com
    terima kasih

    ReplyDelete
  112. bisa minta contoh perhitungan manualnya gak??
    tolong kirim ke email fitrafitria910@gmail.com
    terima kasih

    ReplyDelete
  113. Mas menarik sekali materinya. Saya boleh mnta perhitungan manualnya tdak ya? Karena saya lgi btuh pncerahan ttg metode ini hehehe email: olanrevada1@gmail.com
    Terimkasih sebelumnya

    ReplyDelete
  114. Bisa minta contoh perhitungannya?
    tolong kirim ke lenida58@gmail.com
    Terimakasih

    ReplyDelete
  115. assalamualaikum , mas saya boleh minta perhitungan manualnya ? buat skripsi sayaa, saya sangat butuh mas untuk mempelajari metode ini. atau bagi teman teman yang sudah dapat bisa minta tolong share kan ke email saya :)) (lila14tk@mahasiswa.pcr.ac.id)

    terima kasih :)

    ReplyDelete
  116. yang punya perhitungan manual nya kirim dong di email saya rendyhardiansyah11@gmail.com

    ReplyDelete
  117. Assalamu alaikum, mas permisi boleh minta perhitungan manualnya,
    ini email saya mas rachmadkurniyanto@gmail.com

    Makasih Banyak sebelumnya mas...

    Reply

    ReplyDelete
  118. tertarik dengan metode ini. minta tolong kirimkan perhitungan manualnya mas.
    lampodo@yahoo.com
    terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  119. Rencana mau ngambil metode ini,mas boleh minta perhitungan manualnya email saya jamaludin27agt@gmail.com makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  120. Mas boleh minta contoh perhitungannya, soalnya ini TA saya juga dengan metode ini. Tolong kirim ke endahsetyaningsih2@gmail.com. Makasih mas

    ReplyDelete
  121. assalamualaikum mas, ada rekomendasi dari dosen saya untuk mempelajari metode ini, kalau boleh saya minta perhitungan manualnya, terimakasih banyaksebelumnya, email saya venendhie.mmcga@gmail.com

    ReplyDelete
  122. assalamualaikum mas,Mas boleh minta contoh perhitungannya, soalnya ini TA saya juga dengan metode ini. Tolong kirim ke refidelia195@gmail.com ,Makasih mas.

    ReplyDelete
  123. Boleh minta perhitungan cara manual. . ?

    ReplyDelete
  124. Assalamu alaikum. .mas bisa minta contoh perhitungan manualnya dgn metode ini. .Jirink94@gmail.com

    ReplyDelete
  125. Ass.brow.
    Bisa minta perhitungan manualnya.?
    Evanreze@gmail.com

    ReplyDelete
  126. Gan,, kirim kan perhitungan manualnya gan,, ini email saya. julhamdani20@gmail.com

    ReplyDelete
  127. Gan,, kirim kan perhitungan manualnya gan,, ini email saya. julhamdani20@gmail.com

    ReplyDelete
  128. Mas mau tanya, kalau perbedaan perhitungan manual dan menggunakan metode promethee apa?

    ReplyDelete
  129. kang mas bisa tolong kirim kan perhitungan manual nya ke email ini susantonurhadi6@gmail.com
    terimakasih.

    ReplyDelete
  130. minta contoh perhitungan manualnya dong ke anggararizkytri@gmail.com

    Terimakasih banyak

    ReplyDelete
  131. Boleh gan minta perhitungan manualnya,,
    Email : nurudinbento1@gmail.com

    Terima kasih gan,,

    ReplyDelete
  132. Boleh gan minta perhitungan manualnya,,
    Email : nurudinbento1@gmail.com

    Terima kasih gan,,

    ReplyDelete
  133. Boleh minta perhitungan manualny gak, kirim ke email y
    meimasthatambunan@ymail.com
    Terimakasih

    ReplyDelete
  134. Brothers... Saya ingin tau perhitungan manualnya juga. Tolong kirim kan ke email saya yaa mas . Thanks.
    Merryantikasari@gmail.com

    ReplyDelete
  135. saya mau minta perhitungan manualnya dong, ini email saya fais.season2@gmail.com

    ReplyDelete
  136. Permisi gan.. Boleh minta perhitungan manualnya dong, ini alamat email saya, yogapratamamuhammad96@gmail.com. Makasih sebelum dan setelahnya..

    ReplyDelete
  137. Assalamu'alaikum kak saya ada tugas kuliah mengenai promethe tapi saya masih awam sekali mengenai metode ini dan baru mendengar metode ini, klo kakak berkenan utk memberikan perhitungan manualnya tolong ya kak utk pencerahannya. Ini email saya kak: Aminuddinharianja21Z@gmail.com
    Sebelumnya terimakasih.
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  138. Pusing pala gan. Ijin minta perhitungan manualnya. Please gan
    wijayawawan764@gmail.com

    ReplyDelete
  139. Bisa nggak gan aku minta hitungan manualnya untuk keperluan skripsi gan donipri24@gmail.com

    ReplyDelete
  140. gan boleh minta hitungan manualnya? muktimakti@gmail.com

    ReplyDelete
  141. mas, mminta contoh perhitungan manual nya, berbentuk excel, ini email saya. zeinzulaziz@gmail.com

    ReplyDelete
  142. mas boleh minta perhitungan manualnya ? aditya03ashari@gmail.com

    ReplyDelete
  143. sudi kiranya mas mengirim perhitungan manualnya ke sini furqonalkhalid@yahoo.com... terimakasih banyak mas

    ReplyDelete
  144. Mas bantu untuk mengirim perhitungan manualnya ke email litagaunder@gmail.com
    Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  145. Permisi apakah boleh dibantu untuk contoh perhitungan manualnya ? email saya lilyanafd@gmail.com terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  146. bang boleh minta mperhitungan jelasnya? dheahendra666@gmail.com

    ReplyDelete
  147. Mas saya lgi nyusun skripsi tolong minta perhitungan manualnya
    triansyabsepri22@gmail.com

    ReplyDelete
  148. assalamualaikum wr wb. salam kenal mas saya achmad miftakhul. mau menanyakan cara menentukan preferensi itu bagaimana. soalnya masih bingung
    email saya cem25mip@gmail.com

    ReplyDelete
  149. Malam mas,salam kenal boleh minta kirimin perhitungannya ke email saya karena saya masih bingung
    Email : erwinferdianto9f@gmail.com

    ReplyDelete
  150. malam mas,, boleh minta kirimkan perhitungan manualnya ke email saya kucang103@gmail.com pliss ya mass.. maaf menggangu,, terimakasih....

    ReplyDelete
  151. malam mas,, boleh minta kirimkan perhitungan manualnya ke email saya rahmaddarmawankoto@gmail.com pliss ya mass.. maaf menggangu,, terimakasih....

    ReplyDelete
  152. boleh minta kirimkan perhitungan manualnya ke email saya kimebmen14@gmail.com pliss ya mass.. maaf menggangu,, terimakasih....

    ReplyDelete
  153. mas boleh juga minta perhitungan nya ke email saya david.driansyah@gmail.com

    terima kasih mas, sukses selalu.

    ReplyDelete
  154. mas saya juga boleh minta tolong ntuk dikirimkan contoh perhitungan manual ke farhanamir015@gmail.com. terimkasih banyaj

    ReplyDelete
  155. Selamat pagi, assalamualaikum mas, boleh minta perhitungan manual?
    ini penting bangett Terimakasih mas

    muflihstimlog@gmail.com

    ReplyDelete
  156. mas aku boleh minta juga ga?
    kalau boleh tolong kirim ke email aku ya.

    jametas@gmail.com
    makasih mas sebelumnya

    ReplyDelete
  157. bro mohon penjelasanya tentang methode prometrhee saya kurang paham tentang methode promethee
    muhammadsyukronm0@gmail.com

    ReplyDelete
  158. Gan boleh minta contoh perhitungan nya kah? thank u ( chantiq1000x [at] gmail.com )

    ReplyDelete
  159. ka maaf tolong minta contoh perhitungan manualnya....hfaujiah14@gmail.com
    makasih

    ReplyDelete
  160. kak tolong minta contoh perhitungan manualnya...., kebetulan saya ngambil metode promethee di skripsi saya.
    email saya, ysaragih183@gmail.co.

    ReplyDelete
  161. kak tolong kirimkan contoh perhitungan manualnya metode promethee, kebetulan saya memakai metode itu dlm pembuatan skripsi saya,.
    email saya, ysaragih183@gmail.com

    ReplyDelete
  162. Gan Boleh minta Rumus ontoh perhitungan
    email saya yuzurihaharuna@gmail.com
    Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa masih berminat dengan perhitungan manualnya gan?

      Delete