Wednesday, April 24, 2019

PENGERTIAN DAN RUMUS METODE PROFILE MATCHING



Pengertian
Menurut Kusrini (2007) menyatakan metode Profile Matching atau pencocokan profile adalah metode yang sering digunakan sebagai mekanisme dalam pengambilan keputusan dengan mengasumsikan bahwa terdapat tingkat variabel prediktor yang ideal yang harus dipenuhi oleh subjek yang diteliti, bukannya tingkat minimal yang harus dipenuhi atau dilewati. Dalam proses profile matching, akan dilakukan proses pembandingan antara kompetensi individu ke dalam kompetensi standar, dalam hal ini profil raskin yang ideal, sehingga dapat diketahui perbedaan kompetensinya (disebut juga gap). Semakin kecil gap yang dihasilkan maka bobot nilainya semakin besar. Berikut merupakan langkah-langkah perhitungan dalam profile matching (Kusrini : 2007) :

Pemetaan Gap
Pemetaan Gap adalah perbedaan /selisih value masing-masing aspek/atribut dengan value target. Contoh: Perbedaan value Profil Raskin dengan value Profil Keluarga. Gap = Value Atribut – Value Target

Pembobotan
Setelah diperoleh Gap pada masing-masing keluarga, setiap profil keluarga diberi bobot nilai sesuai ketentuan pada Tabel Bobot Nilai Gap.

Perhitungan dan Pengelompokan core dan secondary Factor
Setelah menentukan bobot nilai gap untuk semua aspek dengan cara yang sama, setiap aspek dibagi lagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok Core Factor (faktor utama) dan Secondary Factor (faktor pendukung). Rumus core factor :

Rumus secondary factor :


Penghitungan Nilai Total
Dari hasil perhitungan dari tiap aspek di atas kemudian dihitung nilai total berdasar presentase dari core dan secondary factor yang diperkirakan berpengaruh terhadap kinerja tiap-tiap profil. (x)%.NCF(ek,kp)+(x)%.NSF(ek,kp)=N(ek,kp) Keterangan :
NCF(ek,kp) : Nilai rata-rata core factor (kebutuhan ekonomi keluarga, kebutuhan pokok keluarga)
NSF(ek,kp) : Nilai rata-rata secondary factor (kebutuhan ekonomi keluarga, kebutuhan pokok keluarga)
N(ek,kp) : Nilai total dari aspek (kebutuhan ekonomi keluarga, kebutuhan pokok keluarga)
(x)% :Nilai persen yang diinputkan

Perhitungan Penentuan Ranking
Hasil akhir dari proses profile matching adalah nilai ranking.
Rumus Perhitungan Rangking :
Ranking = (x)%.Nek + (x)%.Nkp Keterangan :
Nek : Nilai ekonomi keluarga
Nkp : Nilai kebutuhan pokok
(x)% : Nilai Persen yang diinputkan Disini saya menyediakan contoh perhitungan dan Ebook dari skripsi dengan menggunakan metode PROFILE MATCHING tersebut,
bila berminat bisa menghubungi no whatsap dan email berikut ini :
081 515 770 071
kim.sevenfoldsim06@gmail.com

3 comments:

  1. Cara menengukan nilai target gimana?? Bantu dong plissss

    ReplyDelete
  2. Cara menentukan nilai target gimana? Semisalkan dari perusahaan ga ditentuin nilai target nya

    ReplyDelete